Baru menyadari satu hal. Satu hal dari sesuatu yg selama ini gw udah sering lakukan; tapi baru kepikiran kenyataannya sekarang.
Apakah itu?
Mentransfer sejumlah uang untuk mengisi saldo pulsa.
Gw baru sadar, kalau selama ini gw dalam transfer saldo berbisnis pulsa, ngga pernah bertemu orang yg bersangkutannya sama sekali. Gw hanya pernah menelepon operator, chatting dg operator, kalau ada gangguan, keluhan, atau pertanyaan. Ketika mentransfer pun, gw ngga pernah tau nama yg ada direkening itu siapa orangnya. Jadi ternyata pebisnis itu bisa invisible, ya?
Kalau dipikir lagi sih, ini semua bisa berjalan karena ada unsur saling percayanya aja. Bayangkan, kalau kamu disuruh mentransfer ke rekening orang lain, yg belum tentu kenal, dengan alasan untuk mendapatkan saldo pulsa. Awalnya mungkin masih takut. Waktu pertama kali aja gw masih minta saldo yg sedikit banget, takutnya ngga nyampe, atau ngga terpercaya gitu kan. Tetapi ada satu hal yang melandasi kepercayaan gw selama ini sebagai downline. Yaitu layanan dan jasa yang mereka berikan.
Kenyataannya, prosesnya cepat dan tepat. Mudah dan sistematis. Ketika gw selesai transfer, saldo langsung bertambah. Ketika gw ingin mengirim pulsa, sudah diberikan format & penjelasannya yg gampang dimengerti. Ketika ada keluhan, ada operator yg stay online untuk membantu.
Dengan hal"tersebut, gw rasa mereka sudah memberi kenyamanan bagi para downlinenya. Servisnya bagus.
Hmm gw mengakui gw sama sekali bukan pebisnis yang superprofesional, masih belajar dalam hal ini. Walaupun gw masih awam banget tentang ginian, gw pingin ngambil hal positifnya aja.
Jadi hikmahnya, mungkin untuk memulai suatu bisnis, berikanlah pelayanan yg baik kepada costumer. Kesan diawal cukup penting soalnya. Setelah itu, lakukan secara kontinu. Atau lebih bagus lagi jika ditingkatkan. Kalau mereka puas, mereka bakal langganan kan sama kita. Itu bakal jd keuntungan buat bisnis pastinya....