Pages

22 Januari 2012

End of Third

Alhamdulillah akhirnya sudah selesai semester 3 ini. Semua hasil udah masuk ke account SIAK-NG, dan setiap menyelesaikan satu semester itu rasanya bersyukur banget sama Allah SWT. Jadi, apa saja yang sudah saya pelajari di semester 3?

DDAK (Dasar Dasar Arsitektur Komputer)
Belajar tentang bikin rangkaian digital, misalnya kayak tugas waktu itu bikin counter bilangan genap yang bisa ngitung maju atau mundur. Trus belajar bikin program pakai bahasa assembly, bahasa semi mesin yang agak kurang manusiawi untuk dibaca langsung haha. Oya trus belajar juga alur kerja komputer dari mulai menerima instruksi, menerjemahkan instruksi tersebut, menjalankan hingga mendapatkan hasilnya.

PPW (Perancangan dan Pemrograman Web)
Diajarin cara bikin web. Walau ada bagian yang cuma sekilas sekilas gitu, tapi dikit dikit dikasih ilmunya. Kayak cara bikin CSS, bikin template desain yang lebih fleksibel bisa diganti ganti. Atau javascript, bikin program pake bahasa Java yang bisa ditampilin di web. Ada juga belajar PHP, misalnya kayak submit form pencatat data pengunjung lalu disimpan di teks. Dan lain sebagainya. Sejujurnya gw masih ngerasa kurang banget latihan praktek disini, padahal kan bikin web itu butuh banget coba coba sana sini biar lebih ngerti.

STATPROB (Statistika dan Probabilitas)
Dapet materi baru yang lumayan padet di statprob ini. Bukan hanya ngitung mean, median, dan modus kaya apa yang gw tau di SMA, kenyataannya kuliah ini lebih lebih daripada itu. Belajar probabilitas, estimasi, ada pengujian hipotesis, dll. Jujur aja ada masa masa pusing dan penat sih pas belajar ini, tapi ada juga saat saat terkesima sama ilmu baru yg diajarin. Alhamdulillah.

PPM (Prinsip Prinsip Manajemen)
Mata kuliah yang diperuntukkan bagi jurusan Sistem Informasi. Belajar tentang manajemen. Banyak teori-teorinya. Misalnya kayak Planning, Organizing, Leading, Controlling. Semuanya dibahas satu persatu. Ada juga kayak Organizational Structure and Design, Individual Behaviour, Managing Human Resource, daan berbagai macam bab lainnya. Yang paling seru itu waktu ada tugas wawancara ke Manager, atau bahkan kalau bisa CEO dari perusahaan. Tujuannya ya untuk mengetahui penerapan prinsip manajemen dalam perusahaan. Kebetulan bokapnya sahabat dan teman sepermainan gw itu termasuk petinggi di perusahaan, dan alhamdulillah terbantu banget jadi lebih gampang buat wawancaranya. Trus yang gw salut, memang beda ya orang yang udah berpengalaman itu tutur kata bahasanya bagus dan pake istilah istilah tingkat tinggi gitu, pemikirannya juga lebih keren hehe.

MD2 (Matematika Diskret 2)
Lanjutan dari matematika diskret 1. Salah satu mata kuliah yang paling sering bikin gw terkesan. Soalnya ada pemahaman baru yg gw baru tau, kayak trik yang bisa dipakai dari kejadian yang selama ini mungkin ada. Yang paling gw inget tuh misalnya gimana cara ngatur waktu terpendek untuk jadwal ujian biar satu mahasiswa ngga ada yang 2 mata kuliah dalam sehari, dan ternyata itu bisa memakai teori pewarnaan dalam graf. Trus satu lagi, tentang lintasan Euler, gimana caranya mengunjungi semua jalur/edge hanya tepat satu kali melewatinya. Katanya sih ini awalnya dari jembatan Konigsberd. Ada 7 jembatan disitu, lalu gimana caranya supaya semua jembatan itu bisa dilewati hanya dalam satu kali alur jalan. Dan ternyata teorinya ada disini. Semua jembatan itu bisa dilewati kalo derajat tiap verteksnya genap semua. Dan gw teringat ternyata ini pun ada di komik QED yang pernah gw baca. Wow.

MPK Agama Islam
Bertemu dengan dosen yang baik hati. Lumayan santai pas kuliahnya. Sistemnya masih sama kayak MPKT. Ada pengantar buat ngebahas materi, terus presentasi, tanya jawab. Bikin makalah. Trus UTS sama UAS.


Oke itu 6 mata kuliah yang gw pelajari di semester 3. Gimana yaa, ngerasa bersyukur buat apa yang udah dijalanin selama kuliah ini. Suka dan duka, semua pasti ada hikmah dan tentu pelajarannya. Makasih banget buat dosen, kaka kaka asdos, dan teman teman seperjuangan yang udah jadi tempat bertanya, konsultasi, dan berbagai macam pertolongan lainnya REALLY THANKS!!

End of third semester.
Semangat untuk semester-semester selanjutnya!